Angin

To run where the brave dare not to go

Fundamentalis Puritan Progresif

Membaca kisahnya Sandrina Malakiano di milist muslim3bdg. Bagaimana  dirinya “diintimidasi”, baik oleh MetroTV tempatnya bekerja, maupun oleh beberapa rekan-rekan yang mengidentifikasikan dirinya sebagai orang liberal, sejak beliau menggunakan hijab. Entah kenapa, lalu terkelebat kata-kata di kepalaku sepeti ini:

Mba’ Sandrina ngerti juga omong kosong orang liberal,

Kita pakai logika sederhana:

Liberal ialah prinsip membela kebebasan,
Menjadi fundamentalis adalah salah satu kebebasan

Lha, orang liberal kok biasanya paling lantang mengkriktik dan memojokan orang2 fundamentalis dan puritan
Kalo gitu, apanya yang liberal.

Viva fundamentalis! Viva kaum puritan!
Karena fundamentalis adalah prinsip,
karena puritan adalah kemurnian
karena keduanyalah sesuatu bertujuan
bertujuan artinya bermakna

Fundamentalisme bukan ekstremisme,
ekstremisme adalah berlebihan,
dan Islam adalah keadilan

Puritanisme berbeda dengan kejumudan,
kejumudan adalah air yang tergenang,
di sana sampah dan bibit penyakit

maka generasi terbaik umat ini,
aslinya agama ini,
ialah progresifitas;
kemajuan dan perbaikan,
mina-dzulumati ila-nnur


3 comments on “Fundamentalis Puritan Progresif

  1. arifrahmanlubis
    December 23, 2008

    Assalamualaikum wr wb

    Tertarik dengan wacana kontra liberalisme-prulalisme ya bro?🙂

    Semakin dilihat, mereka memang bukan berjuang membela “kebebasan”. Melainkan berjuang mengkerdilkan ajaran Islam. Sepertinya masih kebawa trauma Gereja VS Sains yang menimpa kaum barat dahulu.

    • Muhammad Rihan Handaulah
      December 25, 2008

      betul akh…

      ana khususnya geli ama umat Islam yang kaya anak kecil dapet mainan baru, mainan liberalisme itu. Mereka macam gak tahu bedanya agama kita dan agama yang lain. Di wacana sekulerisme, jelas itu adalah trauma atas hegemoni-jahat Bangsawan-Raja-Gereja selama dark age of europe. Maka premisnya: singkirkan agama dari kehidupan publik, maka kehidupan akan lebih baik. Tapi apa mereka lupa atau pura-pura bodo, bahwa agama kita dan agama mereka sama sekali berbeda.

  2. rramdhoni
    February 19, 2010

    Lanjutkan perjuangan kita akhi,. Konsentrasi jg di pengajuan pencabutan UU penodaan agama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 20, 2008 by in Uncategorized and tagged , , , .
%d bloggers like this: