Angin

To run where the brave dare not to go

Ingatan Seorang Ayah atas Anaknya yang Baru Beranjak Dewasa

Masihkah ingatkah kamu pada epik-epik yang dahulu aku ceritakan padamu
Selepas shalat berjamaah di Mushala kecil rumah kita
Walau tak terhitung berapa kali aku mengulang-ulang cerita itu
Tak pernah bosan aku sebab selalu ada kegembiraan di wajahmu dan binar di matamu saat kuceritakan perjuangan Rasulullah dan sahabat tercintanya
Dahulu engkau begitu kagum pada Khalid bin Walid
kau ambil sebatang tongkat dan kau tebas-tebaskan seolah-olah sebilah pedang tajam
kau juga naik ke punggungku dan kau membayangkan sedang menunggang kuda perkasa yang mengantarkan Khalid ke medan laga
Engkau anakku yang selalu berkata, ”Ayah aku ingin menjadi seperti Khalid yang jagoan”

Masih ingatkah kamu saat malam itu aku ceritakan padamu
Tujuh orang pemuda bersama seekor anjingnya yang tidur di dalam goa selama 309 tahun
Mereka adalah para pemuda yang memilih bersembunyi untuk menyelamatkan iman
Waktu itu sudah larut malam aku kembali ke kamarmu dan kudapati kamu masih belum tertidur
Waktu itu engkau manjawab,
”Ayah aku ingin seperti para pemuda itu tapi aku takut jika sekarang tidur nanti waktu bangun ayah dan semuanya sudah tidak ada, jadi aku bingung tidak bisa tidur”
Tahukah kamu bahwa saat itu aku tertawa, namun di dalam hati aku menangis haru karena bahagia,
bahwa anak sekecil kamu sudah memiliki keinginan seagung itu

Masih ingatkah kamu saat itu aku nasihati kamu dengan apa yang Lukman al Hakim nasihatkan pada anaknya
Anakku, Bersyukurlah kepada Allah, barang siapa yang bersyukur kepada Allah, maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji
Anakku, Janganlah kamu mempersekutukan Allah sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kedzaliman yang besar
Anakku, sesungguhnya jika ada sesuatu perbuatan seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan membalasinya
Anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah manusia mengerjakan yang baik dan cegahlah mereka dari perbuatan mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu
Anakku, janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia karena sombong dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri
Anakku, sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.

Dan setelah itu aku mendekapmu erat-erat, di atas ubun-ubunmu kubisikan doa,
”Semoga engkau bisa mengantarkanku ke surga karena engkau menjadi anak yang saleh”
Dan aku membayangkan nanti kuburku akan menjadi lapang dan terang benderang karena engkau anakku yang saleh memohonkan ampun untukku
Dan aku juga membayangkan di surga nanti aku dikenakan mahkota yang sangat indah, karena engkau anakku menjadi seorang penghapal al Quran
Cukuplah bagiku dunia dan seisinya karenamu.

Minas, 1 Maret 2010
Allahummagfirlii waliwalidayya warhamhumma kamaa rabbyanii shagira..

Inspired by: Yusuf Islam, “father and son”

It’s not time to make a change,
Just relax, take it easy.
You’re still young, that’s your fault,
There’s so much you have to know.
Find a girl, settle down,
If you want you can marry.
Look at me, I am old, but I’m happy.

I was once like you are now, and I know that it’s not easy,
To be calm when you’ve found something going on.
But take your time, think a lot,
Think of everything you’ve got.
For you will still be here tomorrow, but your dreams may not.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on June 13, 2010 by in Muhasabah.
