Angin

To run where the brave dare not to go

Untukku

Tidak ada waktu lagi untuk menunda bersyukur, tidak ada waktu lagi untuk lalai, tidak ada waktu lagi untuk tidak produktif. Berlarilah secepat mungkin kau bisa berlari. Ambil lah ilmu sebanyak-banyaknya. Belajarlah dari semua hal yang ada di sekelilingmu. Lepaskanlah dirimu dari angan-angan dan beban masa lalu. Jangan sia-sia kan semua kesempatan yang ada. Gunakan semua potensimu. Asah dan terus pertajam semua kemampuan akal dan pikiranmu. Jadikan jiwamu seluas lautan. Teguk sebanyak-banyaknya ketenangan jiwa dan emosi dari mata air ibadah. Rasakan bahwa setiap detik adalah waktu terakhirmu. Maka berbuatlah yang terbaik di mana pun dan kapanpun. Jika ada hal-hal yang buruk kau lakukan. Jika ada kesalahan yang pernah kau perbuat. Jika ada keputusan keliru yang kau ambil. Minta ampun lah pada Allah, bukan menyesalinya dengan mengutuk keadaan. Karena semua yang telah terjadi adalah takdir yang memang seharusnya demikian yang terjadi. Jika engkau sadar bahwa dirimu masih sangat lemah dan jauh dari tujuan maka bersyukurlah bahwa kau menyadari hal itu. Jadikan itu sebagai energi besar yang akan memaksamu untuk bergerak. Jangan jadikan kesulitan sebagai beban. Anggaplah ia sebagai mainanmu. Tak usahlah terlalu serius mengejar dunia ini. Ia tak akan ke mana. Hanya sebentar hidup ini. Tak ada artinya dibanding kehidupan akhirat. Maka menjadi sangat seriuslah dalam ibadah. Menjadi seriuslah dalam berbuat baik. Janganlah engakau bingung hendak menjadi seperti apa. Detil kesempurnaan sudah kamu ketahui di sosok para Nabi dan sahabat.

Yakinlah bahwa kita sudah memiliki takdir. Semuanya sudah pasti, setitik pun tak akan bergeser. Oleh karena itu hendaknya engkau menjadi tenang dengannya. Maka engkau tahu bahwa engkau ditakdirkan sehingga engkau berusaha. Semuanya sudah jelas dan pasti. Oleh karena itu jangan takut terhadap apa-apa yang belum terjadi. Dan jangan sedih terhadap apa-apa yang telah terjadi. Jangan engkau khawatirkan siapa yang akan menjadi takdirmu. Itu sudah ditentukan dan tidak bergeser seujung rambut pun. Janganlah berangan-angan. Itu hanya akan membuatmu kecewa. Semua yang perlu kamu lakukan hanyalah mempersiapkan dirimu menyambutnya. Yang perlu kamu lakukan hanyalah meyakinkan bahwa semua motivasimu adalah ibadah. Semua kesiapanmu ialah seperti apa yang Rasul dan sahabat contohkan. Jika engkau mau yang ini dan itu, maka minta saja pada Allah. Tapi ingat, bahwa Allah Maha tahu atas segala sesuatu. Janganlah kita sombong dan takabur menentukan mendikte Allah bahwa ini dan itu adalah yang terbaik bafgimu. Jangan takut. Jangan sedih. Bergembiralah. Bersemangatlah. Maka cintailah yang ada di bumi agar yang di langit pun mencintaimu. Jika ada yang belum tahu, beritahulah. Jika ada yang lalai ingatkanlah. Engkau hanya memberi tahu, engkau hanya menjadi pengingat. Engkau tidak ada urusan dengan pilihan mereka. Setiap orang akan dimintai pertanggung jawaban masing-masing. Berbuat baiklah kepada orang lain. Tulus lah dalam pergaulan. Sentuhlah hati mereka dengan akhlak terbaik. Sederhana dan tulus.

Berdoalah selalu dalam kelapangan dan kesempitan. Ingatlah Allah di kala sulit maupun mudah. Kita tak akan pernah tahu kapan hidup ini berakhir. Selalu sikapi hari ini seolah-olah ini hari terakhir. Berbuat semaksimal mungkin. Bersikap sebaik mungkin. Bersyukur sebanyak mungkin. Beristighfar sesering mungkin. Manusia-manusia lain telah berlari dengan amalnya masing-masing. Bergegaslah. Bangun dari mimpi dan tidur panjang. Hiduplah hidup. Beribadahlah sebaik mungkin setiap tarikan nafasmu. Sebutlah Ia selalu beserta nafasmu. Bangunlah besok pagi dengan kesadaran penuh. Yakinkan bahwa setiap hari adalah hari terakhirmu, hari terbaikmu.. Setiap saat adalah saat terakhirmu, saat terbaikmu..

2 comments on “Untukku

  1. fenti
    June 17, 2010

    Hi Brother,, salam kenal.
    inspiring words.. ijin copy-paste ya…
    thx ^__^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 13, 2010 by in Muhasabah.
%d bloggers like this: