Angin

To run where the brave dare not to go

Blog adalah web log

Bukan kebetulan bahwa kemarin saya membaca blog-nya http://enda.goblogmedia.com/?p=10, alumni SMAN 3 Bandung dan sesepuhnya para blogger. Saya mendapat pengertian apa itu blog. Blog ternyata kependekan dari web log. Yang pernah praktikum pasti tahu apa itu log book, yaitu buku yang mencatat semua kejadian dalam praktikum secara kronologis. Log bukanlah laporan praktikum, tapi dari log lah laporan praktikum ditulis bahkan hingga menjadi jurnal.

Dengan analogi demikian maka mestinya dari blog karya-karya yang lain bisa dihasilkan. Misalkan bagi peneliti sosial, pekerja kreatif, atau penulis blog semestinya bisa menjadi gudang informasi dan inspirasi. Ide dan inspirasi atau pengalaman harian tak akan menguap begitu saja jika sudah diendapkan dalam blog nya. Demikian yang saya lihat dari beberapa blogger-blogger keren seperti Kang Enda di atas, http://rahard.wordpress.com/ dosen saya di elektroh itehbeh, atau http://libloc.wordpress.com/ kawan yang lagi belajar ilmu politik di Illinois. Blog mereka punya kesamaan; konsisten dan ringkas (cukup satu kalimat sampai empat paragraf). Sepertinya dua itu kuncinya.

Pengalaman saya menulis blog, saya selalu menuntut tulisan yang sempurna dan keren. Oleh karena itu butuh waktu yang lama untuk menyelesaikan satu tulisan. Akibatnya, saya tidak pernah konsisten dalam menulis karena bergantung mood dan keluangan waktu. Barangkali sah-sah saja jika hanya memposting tulisan yang super duper cool dalam blog kita, tetapi saya baru ngeh bahwa nampaknya bukan itu asal-usul dan semangatnya blog.

Okelah, saya akan membuat eksperiment buat saya sendiri. Saya percaya ini akan membantu ke depannya dalam membuat tulisan yang sudah jadi entah itu kolom di koran, paper, atau thesis saya. Ini bukan resolusi ya walau ini tanggal 1 Januari 2014, hehe.

Den Haag, 1 Januari 2014

Rihan, mantan Logging Engineer-nya Halliburton.

Logging engineer = insinyur yang bertugas membuatkan log sumurnya klien.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on January 1, 2014 by in Uncategorized.
